Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pihak-pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi

Pihak-pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi - Salah satu tujuan akuntansi adalah menyajikan laporan keuangan dengan informasi ekonomi (keuangan) yang tepat dari suatu lembaga kepada pihak yang berkepentingan. 

Sehingga dengan informasi keuangan yang akurat, manajemen dalam hal ini sebagai pengambil keputusan dapat mengontrol dan menilai jalannya perusahaan, serta menyusun rencana, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. 

Dwi Harti (2011:8) menjelaskan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Pihak Internal (Internal User) 

Pihak intern yang yang berkepentingan terhadap informamsi akuntansi adalah manajemen perusahaan.  Manajemen menggunakan informasi akuntansi sebagai dasar untuk membuat perencanaan, membuat kebijakan di masa yang akan dating, mengadakan pengawasan terhadap kegiatankegiatan perusahaan yang dikelolanya, dan mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapainya. 

Jadi beberapa fungsi informasi akuntansi bagi para manajer antara lain: 

  • Menyusun rencana kerja yang baik untuk pelaksanaan kegiatan tahap berikutnya.
  • Pengendalian, berdasarkan rencana dan penerapan sistem akuntansi yang baik, dapat dikontrol atau dinilai jalannya perusahaan.
  • Pertanggungjawaban, setelah diadakan pencatatan terhadap semua transaksi dan kejadian, pada akhir periode disusun laporan keuangan untuk disampaikan kepada pemilik atau pihak eksternal lain untuk mendapatkan penilaian.

b. Pihak Eksternal (Eksternal User) 

Pemakai informasi akuntansi yang termasuk pihak ekstern adalah sebagai berikut: 

1) Investor 

Investor membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai prospek usaha suatu perusahaan, bagaimana posisi keuangan perusahaan tersebut, sehingga dapat mengambil keputusan dalam melakukan investasi pada perusahaan yang bersangkutan. 

2) Kreditur 

Kreditur membutuhkan informasi akuntansi untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pemberian kredit. Para kreditur sangat memperhatikan likuiditas dan solvabilitas (kemampuan memenuhi kewajiban) perusahaan yang akan diberikan kredit selama jangka waktu yang direncanakan. 

3) Pemerintah 

Pemerintah adalah salah satu pihak yang membutuhkan informasi akuntansi, tujuannya adalah untuk penentuan besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan dan untuk pengawasan pajak. 

4) Para Karyawan 

Para karyawan membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui kinerja atau kondisi keuangan perusahaan karena karyawan berkepentingan atas kelangsungan hidup perusahaan dan jaminan sosial yang diberikan. Jika kondisi keuangan perusahaannya terancam, karyawan dapat bersiap-siap untuk mencari tempat kerja baru.

Posting Komentar untuk "Pihak-pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi"