Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Perusahaan dan Bentuk Organisasi Secara Umum

Jenis-jenis Perusahaan dan Organisasi Perusahaan - Kita semua sudah tahu bahwa perusahaan merupakan sebuah organisasi yang memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan barang dan jasa bagi pelanggan. Walaupun pada faktanya ada perusahaan yang tujuannya untuk menghasilkan laba, dan perusahaan yang tidak menghasilkan laba alias non-profit. Tapi pada intinya, kedua perusahaan di atas menghasilkan sebuah barang atau jasa dalam bentuk layanan.

Di sekitar kita banyak jenis perusahaan yang dengan mudah dapat kita bedakan, ada perusahaan dagang, ada perusahaan manufactur dan ada perusahaan jasa. Ketiga jenis perusahaan ini membutuhkan seorang akuntan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi di dalamnya. Selain itu juga pada setiap bulan akan menghitung laba atau rugi berdasarkan transaksi tersebut.

jenis perusahaan dan bentuk organisasi


Laba dihitung dengan mengurangi omset perusahaan dengan jumlah yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku dan beban-beban lainnya seperti biaya sewa. Besar laba ini wajib dihitung setiap bulannya untuk mengetahui performa perusahaan, selain itu perusahaan juga perlu tahu kan apakah rugi atau dapat laba.

Jenis Perusahaan

Bahas tentang labanya sudah, sekarang kita bahas tentang jenis perusahaan dan organisasinya. Umumnya terdapat 3 jenis perusahaan yang dapat dikategorikan sebagai perusahaan nirlaba, yaitu perusahaan manufaktur, dagang dan jasa. Masing-masing jenis di atas, tentu memiliki karakteristik dan ciri-cirinya tersendiri. Berikut adalah ulasannya : 

1. Perusahaan Manufactur
Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang merubah bahan mentah/sumber daya menjadi barang jadi yang siap untuk didistribusikan kepada pelanggan. Contoh perusahaan jenis ini antara lain PT Unilever yang menghasilkan berbagai jenis produk sehari-hari seperti sabun, pasta gigi, sabun mandi dll.

2. Perusahaan dagang 
Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang paling mudah dan gampang kita temui, karena di sekitar kita pun pasti ada. Perusahaan ini merupakan sekelompok orang yang menjual produk kepada pelanggan, namun tidak memproduksinya sendiri. Beberapa contoh perusahaan jenis ini antara lain : Indomaret, Alfamaret, Matahari, dll.

3. Perusahaan Jasa
Selain perusahaan jasa, kita juga mudah menemukan perusahaan jasa. Perusahaan jasa adalah perusahaan yang tidak memproduksi barang dan bukan juga menjual barang nyata, melainkan perusahaan yang menawarkan layanan. Beberapa contoh perusahaan ini antara lain, perusahaan travel, hotel, service dll.

Bentuk Organisasi


Secara umum jenis perusahaan dibagi kedalam 3 hal di atas, perusahaan juga bisa bedakan berdasarkan bentuk organisasinya. Kami juga membaginya kedalam 3 jenis untuk memudahkan pemahaman, apa sajakah itu ?

1. Perusahaan perseorangan 
Sesuai dengan namanya, perusahaan tipe ini dimiliki oleh pemilik tunggal. Salah satu kelebihannya adalah muda dikelola dan dengan modal yang sedikit sudah bisa mendirikan perusahaan perorangan. Namun, tentu saja memiliki sumberdaya keuangan yang terbatas.

2. Perusahaan persekutuan
Perusahaan persekutuan dimiliki oleh dua atau lebih individu, masing-masing individu ini menyetorkan modalnya ke perusahaan, yang dengan modal tersebut kemudian diolah secara bersama-sama. Sumber keuangan tentu lebih banyak karena memiliki beberapa owner, hanya saja pengelolaannya sedikit rumit.

3. Perusahaan Perseroan
Perusahaan ini disebut dengan korporasi. Dasar pembentukan perusahaan ini berdasarkan peraturan pemerintah sebagai suatu badan hukum. Modalnya terdiri dari saham-saham yang diterbitkan oleh korporasi dan bisa dibeli oleh masyarakat umum.


Keunggulan paling terlihat dalam perusahaan ini adalah sumber keuangan yang cukup besar dari para investor.

Kurang lebih itu adalah 3 jenis perusahaan dan 3 jenis bentuk organisasi persuahaan. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya, terimakasih.

Posting Komentar untuk "3 Jenis Perusahaan dan Bentuk Organisasi Secara Umum"