Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Akuntansi Dari Sudut Proses Kegiatan

Definisi Akuntansi Dari Sudut Proses Kegiatan - Akuntansi akan menghasilkan suatu informasi yang dapat berupa laporan keuangan, laporan keuangan atau annual report ini berguna dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait, entah dari pimpinan perusahaan itu sendiri, pemerintah atau pihak-pihak luar seperti investor, debitur dan lain sebagainya. Sebelumnya anda bisa membaca artikel yang berjudul definisi akuntansi dari sudut pemakai.

Kali ini yang kita bahas adalah pengertian bila dilihat dari sisi yang berbeda yaitu dari proses kegiatannya. Kegiatan akuntansi dapat meliputi pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan. Misal saja pencatatan-pencatatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, kemudian digolongkan, dan diringkas menjadi laporan-laporan kecil dan yang terakhir adalah dilakukan analisa.

Akuntansi
Akuntansi


Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian akuntansi bila dipandang dari proses kegiatannya adalah :
Suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan pengalisaan dan keuangan suatu entitas/perusahaan".
Dari pengertian diatas, menunjukan bahwa akuntansi terdiri dari kegiatan atau proses yang berurutan dan kompleks, yang mana pada dasarnya akuntansi harus mencakup tiga hal, yaitu :
1. Mengidentifikasikan data mana yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.
2. Memproses atau menganalisis data yang relevan
3. Mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Lagi-lagi akuntansi mengolah data menjadi suatu informasi (dapat berupa laporan keuangan) yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Proses dari akuntansi pertama-tama akuntan harus mengelompokkan, merumuskan kelompok-kelompok pemakai informasi, kemudian menentukan jenis informasi seperti apakah yang dibutuhkan masing-masing kelompok. Ketika sudah diketahui jenis informasinya lanjut menentukan data ekonomi dan aktivitas yang akan dicatat dalam sistem akuntansi. Pada akhirnya, seorang akuntan akan menyusun laporan yang meringkas informasi-informasi tersebut bagai para pemakai informasi akuntansi. Siapa pemakai informasi akuntansi, bisa dari internal seperti pihak manajemen atau pihak luar seperti pemerintah, investor, debitur dan masyarakat umum yang memerlukan.

Posting Komentar untuk "Definisi Akuntansi Dari Sudut Proses Kegiatan"