Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai

Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai - Akuntansi dapat dikatakan sebagai suatu sistem informasi yang mengukur kegiatan bisnis suatu perusahaan, dan mengolah datanya menjadi suatu bentuk informasi yang dapat berupa laporan-llaporan keuangan yang berguna dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan atau pihak manajemen.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli, yang mana pada artikel tersebut juga sudah kami beri kesimpulan bahwa pada intinya maknanya sama cuma berbeda dalam penyampaiannya. Bila dipandang dari sudut pemakainya, akuntansi dapat diartikan sebagai berikut : 

suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu entitas". 

Dari pengertian diatas, ada poin penting yang bisa kita perluas untuk mendalaminya lagi, yaitu:

1. Menyediakan informasi yang berguna bagi pihak intern dan extern
Akuntansi merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan informasi dan dipersembahkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak yang berkepentingan ini ada dua yaitu dari dalam dan dari luar. Informasi yang dihasilkan dapat berupa annual report atau laporan keuangan yang biasa dipublikasikan setiap satu tahun sekali.

Akuntansi
Akuntansi
Jadi informasi yang dihasilkan dari akuntansi ini digunakan oleh pihak dalam dalam artian manajemen untukk membuat perencanaan yang efektif, melaksanakan kegiatan secara efisien, dan bisa digunakan untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, serta sebagai acuan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.

Informasi tidak hanya berguna bagi internal saja, tapi informasi yang salah satunya dapat berupa laporan keuangan ini juga berguna bagi pihak-pihak luar seperti para investor, kreditur, badan pemerintah dll. Untuk apa investor melihat laporan keuangan suatu perusahaan? Investor membutuhkan laporan keuangan untuk melihat sejauh mana perusahaan tersebut berkembang, kondisi keuangannya bagaimana, profitnya, utangnya, dan lain sebagainya. Sehingga setelah dianalisa, maka seorang investor dapat menyimpulkan bahwa perusahaan ini memiliki potensi yang bagus bila kita investasikan dananya, oh perusahaan ini ternyata beresiko dan lain sebagainya. 

2. Dilakukan oleh suatu entitas
Yaa, akuntansi diselenggarakan oleh sautau entitas, entitas yang dimaksud adalah bisa berupa organisasi bisnis maupun organisasi nirlaba. 

Untuk lebih lanjut anda bisa membaca artikel berikut ini : Beberapa pemakai informasi akuntansi

Posting Komentar untuk "Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai"