Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pemakai Informasi Akuntansi dan Kegunaannya

6 Pemakai Informasi Akuntansi dan Kegunaannya - Kita tahu bahwa kegunaan informasi akuntansi meliputi banyak hal yaitu untuk membuat planning atau perencanaan yang efektif, pengawasan hingga mendukung manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat.

Informasi akuntansi juga memiliki kegunaan sebagai pertanggung jawaban entitas kepada investor, kreditor hingga pemerintah. Dari situ sudah diketahui siapa saja pemakai informasi akuntansi itu.

Laporan akuntansi tersebut dipakai oleh pihak yang berkepentingan sebagai sumber informasi guna mengambil keputusan perusahaan yang tepat. Manajemen akan mengambil informasi tersebut kemudian menganalisisnya dan pada akhirnya diapakai sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

6 Pemakai Informasi Akuntansi dan Kegunaannya

pemakai informasi akuntansi


Secara garis besar terdapat 6 pengguna informasi akuntansi yang sudah pasti-pasti membutuhkan informasi akuntansi, siapa sajakah mereka? Berikut paparannya : 

1. Manajer

Manajer adalah bagian dari manajemen. Biasanya terdiri dari General Manajer, Assisten Manajer hingga Manajer Pertengahan. Manajer memerlukan informasi akuntansi sebagai bahan untuk penyusunan perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai perusahaan serta melakukan evaluasi terhadap kinerja sebelumnya jika diperlukan. 

2. Investor

Investor adalah pihak yang memberikan modal atau pembiayaan terhadap suatu bisnis. Pantas saja jika memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui seberapa sehat perusahaan tempat dia menginvestasikan hartanya. Dengan kata lain investor juga menggunakan akuntansi untuk menganalisis perkembangan perusahaan.

Akuntansi juga berguna bagi calon investor. Sehingga calon investor dapat menganalisis laporan keuangan dan kondisi keuangan perusahaan, dari situ kemudian menghasilkan keputusan apakah perusahaan ini layak untuk dijadikan sebagai tempat investasi atau tidak. 

3. Kreditor

Kreditor adalah pemberi pinjaman atau utang kepada nasabahnya. Biasanya sebelum dapat mengajukan hutang kreditor akan melihat informasi akuntansi untuk mengukur seberapa sehat perusahaan tersebut. Kira-kira pada saat jatuh tempo nanti, nasabah ini bisa membayar atau tidak ya? Informasi tersebut kreditor peroleh dari analisis informasi akuntansi. 

4. Instansi Pemerintah

Setiap perusahaan diwajibkan untuk melaporkan dan membayar pajak. Penghitungan pajak ini didasarkan pada akuntansi, dengan kata lain pemerintah sebenarnya menggunakan akuntansi untuk menetapkan besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

5. Organisasi Nirlaba

Organisasi nirlaba merupakan organisasi yang tidak mencari laba. Namun organisasi ini tetap membutuhkan informasi keuangan untuk menyusun anggaran, membayar karyawan hingga membayar beban atau tanggungan yang lain.

6. Pemakai lainnya

Tidak hanya sebatas 5 saja, namun terdapat pihak lain yang juga menggunakan informasi akuntansi. Sebagai contoh adalah karyawan atau organisasi buruh, mereka menggunakannya sebagai bahan dasar untuk mengajukan gaji, tunjangan, hingga untuk mengira-ira kemajuan perusahaan.

Demikian daftar 6 pemakai informasi akuntansi dan kegunaannya. Share artikel ini ke temenmu yang jurusan akuntansi.

Posting Komentar untuk "6 Pemakai Informasi Akuntansi dan Kegunaannya"